Berita Media

Menanti Gugatan Arbitrase PT Freeport Indonesia

Jakarta, Aktual.com — Pemerintah akan menerbitkan izin rekomendasi ekspor konsentrat kepada PT Freeport Indonesia (PT FI) dengan persyaratan bahwa PT FI harus menyetorkan dana USD530 juta sebagai jaminan kesungguhan akan membangun smelter untuk mengolah dan/atau memurnikan hasil tambang PT FI di Indonesia. Permasalahan izin ekspor ini diberlakukannya sejak Pasal 170 UU No. 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara yang mengatur bahwa sejak 12 Januari 2014, PT FI harus memurnikan di dalam negeri seluruh hasil tambangnya di dalam negeri.

Read more...

Freeport Nakal, Bangsa Indonesia Jangan Mau Ditindas

Jakarta, Aktual.com — Ulah PT Freeport Indonesia selama ini selalu membohongi pemerintah Indonesia. Janji untuk melakukan hilirisasi hasil tambangnya pun banyak omong kosongnya, hanya janji-janji saja layaknya kenakalan anak remaja.

Terkait dengan pencabutan izin ekspor konsentrat dari Freeport, mestinya pemerintah juga mengawasinya. Jangan sampai setelah dilakukan pelarangan, Freeport masih melanggar seperti yang dilakukan selama ini.

Read more...

Urgensi dan Konstruksi Hukum Pungutan Dana Ketahanan Energi

Jakarta, Aktual.com — Sesungguhnya ketahanan energi merupakan suatu hal yang krusial yang menjadi tugas berat bangsa Indonesia. Ketahanan Energi adalah suatu kondisi terjaminnya ketersediaan energi dan akses masyarakat terhadap energi pada harga yang terjangkau dalam jangka panjang dengan tetap memperhatikan perlindungan terhadap lingkungan hidup (Pasal 1 angka 10 PP No.79 Tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional).

Read more...
Subscribe to this RSS feed